Tutorial Terlengkap Belajar PHP

Tutorial terlengkap belajar PHP, ini adalah satu harapan dari penulis untuk menyajikan tutorial lengkap belajar PHP dengan mudah kepada pembaca. Namun, sebelumnya kita mulai dari basic ini terlebih dahulu.

PHP adalah bahasa pemrograman yang paling populer di kalangan programmer web. Yang salah satu fungsinya digunakan untuk meningkatkan performa suatu halaman ketika membikin / mendesain sebuah web. Dengan menggunakan PHP script, kita dapa melakukan beberapa hal seperti membuat halaman login, membuat halaman forum, galeri gambar, survei, dan banyak lagi.

PHP dikenal sebagai bahasa server side. Server side merupakan teknologi web dimana semua scripts dan perintah program yang diberikan akan dijalankan / diproses di web server. Hasilnya kemudian diserahkan kepada kita, dan ditampilkan dalam browser. Selain PHP, beberapa bahasa pemrograman lain yang mungkin pernah kita dengar seperti ASP, JSP, Python dan Perl juga berbasis server side. Dan biasanya PHP selalu berpasangan dengan database MySQL, serta dijalankan di server Apache. Untuk tutorial belajar PHP selanjutnya akan kita coba dengan server lokal menggunakan software XAMPP (ini tidak perlu kita bingungkan terlebih dahulu).

PHP merupakan singkatan dari "Hypertext Pre-Prosesor". Tapi jika diperhatikan singkatannya ternyata adalah HPP, iya kan? Dan ternyata inisial PHP berasal dari versi awal program tersebut ditemukan, yang disebut Personal Home Page Tools.

Bahasa pemrograman PHP sangat popular, sehingga jika Anda mencari karir di industri pemrograman desain / web, maka Anda wajib paham dengan bahasa pemrograman yang satu ini!

Ini adalah hal-hal dasar yang perlu kita pahami terlebih dahulu sebelum memulai untuk belajar PHP lebih lanjut. Artikel di halaman ini dianjurkan bagi pemula atau yang baru belajar PHP dasar, tapi tidak menutup bagi yang sudah mahir bahasa pemrograman web PHP untuk mempertajam pembelajarannya kembali atau bahkan bisa mengoreksi, dan saya ucapkan banyak terima kasih.

Salam Programmer Handal^^

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »